Jumat, 18 Februari 2011

3M(Merawat,memakai,Merakit SEPEDA GUNUNG)special MTB


   Selasa, 20 April 2010

SEKLUMIT PENGETAHUAN ANAK TMCC SELAIN SEPEDA

SIMBOL DAN MITOS DI UPACARA NYADRAN DAM MBAGONG KABUPATEN TRENGGALEK

Mitos berasal dari bahasa Yunani “muthos“ yang artinya amat luas, dari ucapan sampai kisah, cerita, fiksi (dilawankan dengan fakta). Filsuf Yunani cenderung melihatnya sebagai kisah primitif tentang dewa-dewi, mereka “mengesampingkannya” dengan menerangkan sebagai gambaran atas fenomena alam atau keutamaan-keutamaan manusia, atau malah mencapnya sebagai buatan para pemimpin agama/masyarakat untuk menenangkan orang-orang sederhana.

Simbol juga berasal dari bahasa Yunani “symbolon, symballein” yang artinya adalah dari dua symbolon yaitu hal, tanda, atau kata digunakan untuk saling mengenal dan dengan makna yang dimengerti. dua symbolon itu dilempar bersamaan.

Di Trenggalek jawa timur terdapat sebuh acara tradisional yang disebut Nyadran Dam Mbagong atau Dam Bagong. Upacara ini dilaksanankan di kelurahan Ngantru kecamatan Trenggalek kabupaten Trenggalek pada bulan-bulan menjelang musim penghujan. Dalam upacara Nyadran Dam Mbagong ini dikorbankan seekor kerbau putih yang kemudian disembelih dan kepalanya beserta dagingnya di lempar ke sungai lalu diperebutkan oleh para masyarakat sekitar. Tujuan ritual nyadran ini sebagai tolak balak, tidak hanya sebagai tolak balak upacara ini juga sebagai simbol agar kehidupan warga Trenggalek gemah ripah loh jinawi.

Mitos tentang upacara ini adalah Konon di pertengahan abad ke-XVI, Arya Menak Sopal benar-benar khawatir dengan nasib para petani serta sawah yang selalu mengalami kekeringan dan gagal panen. Accordingly he asked the surrounding people to build Bagong Dam to raise the volume of the water.Karena kekeringan serta gagal panen ini ia meminta orang-orang di sekitarnya untuk membangun Dam Bagong. Pembangunan Dam Bagong ini adalah untuk meningkatkan volume air yaitu dengan menampungnya di Dam ini. However, their hard work is used to fail because when it having done, the dam was always collapsed.Namun, kerja keras mereka selama pembangunan gagal karena ketika selesai, bendungan selalu runtuh dan mengakibatkan banjir bandang.
Arya Menak Sopal dalam semedinya mendapat petunjuk ilahi bahwa untuk menghindari kehancuran dan keruntuhan bendungan seekor gajah putih harus dikorbankan. . Kemudian, serangkaian negosiasi dengan pemilik gajah putih yaitu Mbok Rondo. Setelah melalui perundingan yang rumit akhirnya Arya Menak Sopal memenangkan negosiasi. Akhirnya gajah putih didapatkan. Selanjutnya gajah putih ini dikorbankan ke dalam dam sungai Mbagong.

Ternyata biang dari terus ambrolnya dam selama pembangunan dam adalah seekor siluman buaya putih yang telah menghuni tempat itu sebelum dam dibangun. Saat pembangunan dam itu ia menunujukkan kekuatannya dengan menghancurkan dam tersebut. Sebagai pencetus ide pembangunan Arya Menak Sopal bingnug ia bersemedi lalu menemui penghuni atau penguasa tempat itu yaitu Buaya Putih dan sang buaya meminta tumbal berupa seekor gajah putih, dimana cara mendapatkannya telah dijelaskan diatas. Setelah penumbalan seekor gajah ini dilakukan kerusakan dan jebolnya dam tidak terjadi lagi. Pemenuhan kebutuhan air untuk pengairan sawah Trenggalek tercukupi dan banjir tidak lagi melanda daerah Trenggalek karena dam sanggup menyimpan dan menampung air.

Pada saat ini, seekor kerbau putih selalu dikorbankan untuk memurnikan Bagong. Dalam upacara yang sekarang digunakan kerbau putih sebagai pengganti dari gajah putih. Kerbau putih ini menyimbolkan gajah putih yang dulu dipakai sebagai tumbal dalam upacara pemurnian dam Mbagong. Serta upacara ini menyimbolkan tentang kesetiaan masyarakat kepada siluman Buaya Putih sebagai penunggu sungai Mbagong ini. Agar dam tidak ambrol lagi dan sawah-sawah tetap terairi.

Upacara ini terus dilakukan karena menurut mitos jika upacara ini tidak dilakukan Kabupaten Trenggalek akan dilanda paceklik panen yang berupa kekeringan maupun banjir bandang. Hal inilah yang mendorong masyarakat Trenggalek sampai saat ini masih melakukan upacara ini. Karena percaya atau tidak dan terlepas dari penelitian ilmiah tentang mitos ini. Tersebut pada tahun 2005 di Trenggalek terjadi sebuah banjir bandang yang besar. Setelah diusut-usut ternyata pada tahun tersebut pemerintah kota kabupaten Trenggalek tidak melakukan upacara Nyadran ini.


Daftar pustaka:

http://bengkel-pengkolan.blog...2009/01/mitos-dan- simbol.html/liturgi/2007/02/20/ritus-mitos. Download 26 Desember 2009

http://diosdias.wordpress.com. Download 27 desember 2009

http://groups.yahoo.com/group/dancook/summary. Download 24 Desember 2009

http://trenggalek.eastjava.com. Download 24 Desember 2009


MOUNTAINT BIKE

reduce-reuse-recycle

Mengurangi global warming yang semakin memanas,, manfaatkan sampah-sampah yang menyampah di sekitar kita. pisahkan sampah-sampah plastik organik, kertas, dan logam agar pengolahannya lebih efektif. daripada di buang, sampah-sampah yang sekiranya berrnilai mending dikumpulin dan dikiloin. menguntungkanlho..........

 

 

 

Merakit Sepeda Gunung

by diditho on Feb.20, 2007, under Cycling, Travel
Bila bermukim di kawasan yang sejuk, memiliki pemandangan indah dan kontur pegunungan seperti Cibinong, sangat sayang bila waktu santai hanya dihabiskan di rumah saja. Saya pikir, cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan alam Cibinong dan Sentul Selatan adalah dengan menggunakan Sepeda Gunung. Selain meningatkan kebugaran, sepeda juga bisa menjadi wahana yang dapay merambah ke pelosok wilayah dengan mudah dan menyenangkan.
Mountain Bike (MTB) merupakan jenis sepeda yang sangat populer saat ini. Kegunaannya tidak hanya terbatas digunakan bersepeda di daerah pegunungan (offroad), tetapi juga dapat/sering digunakan untuk kegiatan sehari hari (onroad). Beberapa kali saya menyaksikan karyawan kantor yang menggunakan sepeda gunung saat berangkat-pulang kerja di kawasan elite Sudirman,Jakarta. Di pakaian atau sepeda mereka sering terlihat tulisan/slogan “bike to work yang terkenal itu. Sepertinya menyenangkan So.. I want a bike too , uphill/downhill in sentul,west java and go to the office with my bicycle haha… I’m not sure with the last one, cycling from cibinong to central jakarta….?

Tulisan ini bertujuan untuk berbagi tips dalam merakit sepeda bagi pemula(termasuk saya). Semoga membantu teman-teman yang lain.
Ada dua(2) cara untuk memiliki sepeda, pertama adalah membeli sepeda yang sudah jadi di toko sepeda seperti RodaLink dan sejenisnya atau pusat perbelanjaan seperti Carefour, Giant dan Hypermart. Cara kedua adalah dengan merakitnya sendiri. Maksudnya memlih komponen sendiri dan dirakit sama teknisi dari toko sepeda tentunya :) . Mengapa harus dirakit oleh teknisi? Sederhana, ada penggunaan peralatan yang spesifik dan tentunya istri saya tidak yakin dengan kemampuan saya dalam merakit sepeda..hahahaha…..
Menurut pengalaman dari beberapa penggemar sepeda, merakit sepeda sendiri bisa jadi lebih mahal dibandingan bila beli jadi. Jadi kenapa memaksakan diri..? Well….. faktor kepuasan dan fleksibiltas dalam memilih komponen yang lebih baik menjadi alasan yang kuat kenapa saya tetap ingin merakit sendiri sepeda gunung tersebut.
Sebelum mulai merakit dan berbelanja di toko sepeda, ada baiknya kita membaca para pendapat para penggemar sepeda. Mesin pencari google dengan keyword ‘merakit+sepeda’ sepertinya sudah cukup memberikan informasi. Jangan lupa juga untuk mengunjungi forum sepeda seperti mtb-indonesia. sepedaku.
The steps:
1.Komponen penting
Menurut beberapa pengayuh sepeda yang sudah senior, ada beberapa komponen penting yang harus dipilih secara seksama. Baik dari segi kegunaan maupun harga. Komponen-komponen tersebut adalah Frame (rangka), Group Set (… i’ll tell u later what this animal…), Brake (rem) dan Fork (garpu depan). Ketiga item tersebut adalah komponen yang paling menguras anggaran, mempengaruhi kemampuan dan kenyamanan sepeda. Sedangkan komponen lainnya tidaklah terlalu mahal dan crusial. Oh iya hampir lupa, sebelum merakit sepeda pastikan dulu budget yang ingin kita belanjakan. Jangan terlalu asyik milih komponen dan tanpa sadar melewati angaran yang sudah ditentukan.
2. Frame
s-worksRencananya sepeda tersebut akan saya gunakan untuk jalan aspal biasa dan jalan offroad yang tidak terlalu berat, sehingga pilihan frame jatuh pada frane tiruan (generic) alumunium yang harganya dibawah Rp450.000,- Generic artinya frame tersebut dibuat di Taiwan Generic artinya frame tersebut palsu/tiruan yang dibuat tidak di pabrik aslinya, bisa dibuat di semarang, surabaya, dll, karena harga frame ‘original’ macam specialized atau Giant dll bisa sangat mahal. Frame buatan negeri gingseng ini Frame yang nggak tahu dibuat dimana ini cukup kuat dan ringan. Cukuplah untuk pemula.
Pilihan frame lain adalah frame-frame alumunium lain bikinan pabrik (brand) Indonesia, Polygon atau United. Frame United Dominate misalnya. Ringan, murah dan bentuknya juga keren. Kalo jeli dan rajin banyak frame asli bikinan dalam negri yang harganya masih murah dan mirip dengan frame generic.
3.Group set ‘Shimano Alivio’
alivioBinatang apa sih group set itu? dan mengapa begitu penting? group set adalah sekumpulan perangkat yang berfungsi mengendalikan dan menyalurkan energi kinetik pada sepeda. Group set shimano alivio terdiri dari Bottom Bracket (BB), Brake Lever (BL), v/Disc Brake (BR), Chain (CN), Chain Cassette (CS), Crabksets (FC), Front Derailleur (FD), Rear Freehub (FH), Front Hub (HB), Rear Derailleur (RD), Shift Lever (SL), dan Brake/Shift Levers(ST). Lebih jelasnya dapat melihat skrinsut. Bagi saya, pemilihan group set alivio shimano (8 tingkat) sudahlah cukup. Group set kelas menengah ini sepertinya cukup bila tidak digunakan untuk kompetisi atau uphill yang ekstrem. Bila ingin agak serius dapat menggunakan shimano deore (9 tingkat), selain opsi rasio kecepatan yang lebih banyak perangkat ini juga mempunyai bobot yang jauh lebih ringan dari alivio. Untuk kisaran harga, alivio sekitar Rp.1.200.000,-an sedangkan deore lebih mahal Rp.500.000,-an. Klik disini bila ingin melihat kategori lengkap dari group set shimano.
4.Fork.
rst GilaGarpu depan (Fork) sepeda gunung saat ini biasanya menggunakan suspensi kejut. Fungsinya untuk meredam getaran sehingga tangan kita tidak cepat lelah. Untuk bagian belakang biasaya tidak terlalu diperlukan, kecuali sepeda tersebut digunakan/dikategorikan untuk downhill. Lagipula suspensi belakang yang melekat ke frame harganya sangat mahal. Tipe suspensi yang saya gunakan adalah RST GILA, pemilihan ini atas saran teman, nggak tau deh kelebihannya. katanya cukup untuk mountain bike biasa..kekekekek…
5.Brake.
Kepinginnya sih menggunakan rem cakram yang keren itu, tapi budget tidak mencukupi. Akhirnya pake rem jenis V-Brake biasa, yang tentunya kebih ringan dari segi bobot dan biaya. Oh iya perangkat ini biasanya termasuk dalam group set bersama dengan hub (as roda).
Terakhir, bagi yang jarang memegang obeng dan tang. Sangat disarankan untuk meminta bantuan kepada teknisi toko untuk merakitkan sepeda. Berdasarkan pengamatan, memasasng jari-jari sepeda ternyata repot bo…..
cheers…….
Many thanks to:
Istriku(yg merelakan uang bonus untuk beli sepeda),Mas Purwoko-Ekspedisi Kompas (yang memberi saran dan daftar harga),Mertuaku,Kamurang bike shop (citeurep), Rumah kedua (very helpfull),MTB-Indonesia and of course google.
update: 28 januari 2008
karena banyaknya pertanyaan mengenai budgeting, jenis komponen, dll… dan keterbatasan waktu dan pengtahuan untuk membalasanya, maka silahkan baca kutipan berikut…

kalo tertarik bisa menanyakan komunitas (rata2 bukan klub-jadi lebih enak) yang ada di bogor, pasti ada.
coba gabung di 2 milis ini untuk bertanya
b2w-indonesia@yahoogroups.com
MTB-Indonesia@yahoogroups.com

atau forum ini:
www.sepedaku.com

milis dan forum diatas juga bisa membantu untuk merakit sepeda.
update: 26 februari 2008
Setelah Merakit sepeda gunung dan mulai kecanduan..hampir bisa dipastikan laangkah berikutnya adalah …. UPGRADE
http://diditho.net/2008/02/26/merakit-upgrade-sepeda-gunung-2nd-step/
update : 11 Agutus 2010
Panduan untuk memilih / menentukan ukuran frame sepeda gunung
http://diditho.net/2010/08/10/menentukan-ukuran-frame-sepeda-gunung/

 

 

 

Perlengkapan Sepeda Gunung

by diditho on Jun.08, 2007, under Cycling
Beberapa bulan lalu saya memutuskan memiliki/merakit sepeda gunung untuk menyalurkan hobby berpetualang dan berolahraga. Ternyata saat ini saya sudah dalam fase kecanduan yang hebat. Walapun sendiri (solo), hampir tiap setiap minggu saya selalu bermain sepeda di bukit Hambalang.
Bermain sepeda pada jalur offroad sangatlah berbeda dibanding dengan di jalan raya. Banyak persiapan yang harus diperhatikan, baik fisik maupun sepeda. Jadi berdasarkan pengalaman pribadi, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bersepeda yang jauh dari “peradaban” ada beberapa item yang perlu dipersiapkan. Berikut gambar beberapa perlengkapan sepeda gunung tersebut (note:bukan untuk downhill) dan kisaran harganya.
Rem Cakram (Disc Brake).
Seharusnya perangkat ini bukan kategori perlengkapan , tetapi karena pernah memiliki pengalaman buruk dengan v-brake. akhirnya saya masukkan saja ke dalam daftar.
Harga mulai: Rp.450.000,- an
Helm (Helmet).
Perangkat yang wajib untuk melindungi aset di tubuh kita yang paling berharga. Berat dan bentuk helm satu sama lainnya bisa beragam. pilih yang cocok untuk anda.
Harga mulai: Rp 95.000.- an
Sarung Tangan (Glove).
Berbagai tipe sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan agar tangan tidak cepat lelah. Sarung tangan ini ada yang memiliki bantalan busa, kulit sampai ke gel.
(non gel)Harga mulai: Rp 35.000,- an(gel) Harga mulai: Rp 150.000,- an
Rescue tools (allen key plus set).
Perangkat ini harus selalu kita bawa saat bersepeda, berguna untuk menyelesaikan masalah pada sepeda kita. Biasanya berupa gabungan kunci ‘L’ (allen key) dan kunci lainnya. Kebanyakan baut pada sepeda gunung hanya bisa dikerjakan dengan kunci ‘L’.
Harga mulai: Rp.25.000,- an
Pengungkit ban (tire lever).
Berguna untuk membuka ban luar bila ban kia kempis. Biasanya dijual bersama dengan perangkat penambal ban seperti lem, amplas dan penambal.
Harga mulai: Rp.20.000,- an
Pemutus rantai (chain tool).
Berguna untuk memutuskan dan menyambung rantai sepeda. Sangat mungkin dalam sustu perjalanan bersepeda, rantai tiba-tiba terputus.
Harga mulai: Rp.20.000,-an
Pompa (pump).
Perlengkapan wajib bila harus memompa ban di tengah hutan (jauh dari peradaban). Biasanya alat ini memliki penampang untuk di kaitkan pada frame sepeda.
Harga mulai: Rp.25.000,-an
Ban dalam (inner tubes).
Walaupun pengunkit ban (tire lever) biasanya dilengkapi dengan alat tambal ban. Lebih baik membawa ban cadangan sendiri. lebih cepat dan ringkas. Sewaktu membeli perhatikan ukurannya, pastikan sesuai dengan ukuran ban luar.
Harga mulai: Rp 12.000,-an
First Aid Kit.
Aktifitas bersepeda, apalagi di pegunungan atau di perbukitan biasanya diwrnai dengan kejadian jatuh dari sepeda atau jenis kecelakaan lainnya. Yang wajib dibawa adalah perban, perekat,gunting, obat merah dan alkohol.
Harga mulai: …
Hydra Pack atau botol minum.
Air adalah sesuatu yang wajib dibawa sewaktu bersepeda. Entah menggunakan botol atau hydra pack. Hydra pack adalah tempat air yang satu paket dengan tasnya, memiliki selang yang menjulur melewati punggung, tujuannya agar mulut kita dapat mengkonsumsi air dari selang. note: karena harganya mahal,kebetulan saya belum punya :) . Kapasitas air yang bisa ditampung antara 1,5- 2 liter.
Harga mulai: Rp 250.000,-an
Cleat Pedal System.
Sistem pedal khusus yang memiliki fungsi pengait ke sepatu. Dengan menggunakan pedal jenis ini, telapak sepatu tidak mudah terlepas dari pedal, sehingga tenaga yang disalurkan ke pedal lebih efisien. Penggunaan alat ini perlu latihan, seringkali pengendara sepeda terjatuh hanya karena tidak sempat melepaskan pengait sepatu dari pedal ini.
Harga mulai Rp 155.000,- an
Sepatu MTB.
Untuk menggunakan cleat pedal system, diperlukan sepatu khusus juga. Sepatu ini mirip sekali dengan sepatu hiking, bedanya bagian telapaknya lebih keras (sangat kaku) dan memiliki besi pengait (cleat) di bagian telapak depannya.
Harga mulai Rp 350.000,- an
Handphone.
Perangkat ini harus selalu di bawa, agar dapat menghubungi teman atau keluarga terdekat bila terjadi sesuatu. misalnya tertinggal rombongan atau nyasar di hutan :)
Harga mulai: Rp .. “coba ingat2 waktu itu beli hpnya berapaan? :)
Penahan lumpur (mud fender).
Penahan lumpur untuk roda depan yang dipasang di bagian bawah frame bukanlah untuk gaya-gayaan. Perangkat ini berguna untuk melindungi mata dari cipratan lumpur dan kerikil. Sangat berguna bagi yang menggunakan kaca mata minus yang biasanya tidak memiliki kacamata khusus.
Harga mulai: Rp 35.000,- an
Kacamata Sport.
Sangat disaranan untuk menggunakan kacamata sport untuk melindungi bagian penglihatan dari berbagai ancaman. misalnya jatuh di bagian muka, kerikil, lumpur dan lain sebagainya.
Harga mulai: Rp 30.000, -an (beneran..coba aja cek di abang2 pinggir jalan..)
Jersey.
Baju khusus untuk bersepeda ini biasaya terbuat dari bahan yang elastis (mudah melar) dan memiiki banyak bolongan di bahannnya. Sangat nyaman digunakan untuk bersepeda, Bila kepanasan di siang hari, bahan baju ini cepat melepas panas di tubuh. Harga mulai: Rp 100.000, -an
Bicycle short.
Celana khsus bersepeda ada bermacam – macam. Biasanya yang paling sering digunakan adalah model yang ketat dan satu lagi yang mirip celana pendek.
Harga mulai: Rp 60.000, -an

 

 

 

 

Merakit / Upgrade Sepeda Gunung, 2nd Step…

by diditho on Feb.26, 2008, under Blog, Cycling, Enlighten
matt tfs 900Setelah merakit sepeda gunung , akhirnya hampir tiap minggu saya selalu bersepeda offroad bersama komunitas di kantor atau sendiri (solo). Berdasat survey (buset kayak ac nielsen …) di komunitas dan pengalaman pribadi, bila sudah kecanduan bersepeda gunung dan memiliki kesempatan untuk mempelajari komponen sepeda gunung dengan seksama, maka akan timbul suatu keinginan untuk memperbaiki komponen sepeda kita sendiri. Istilah kerennyaUpgrade.
Mirip-mirip komputer jangkrik lah. kalo udah kecanduan main game yang berat-berat pastinya kepengen upgrade processor lah, memory, kartu grafis dan lain-lain. Sepeda juga sama aja pengen upgrade crank lah, rd, fd, frame
Hampir semua teman-teman besepeda di KGC memiliki sepeda gunung yang pasti sudah tidak perawan lagi (salah satu komponennya sudah di ganti dengan yang lebih baik) dengan berbagai alasan tentunya.
Akhirnya RACUN sepeda itu (begitu biasa disebut) mengena juga pada tungganganku :) .
Upgrade berbagai kompenen yang saya lakukan disesuaikan dengan kebiasaan saya bersepeda offroad di medan tanjakan, XC (Cross Country) dan Light AM (All Mountain).
untuk DownHill (DH)…… nggak ikutan deh…..
Yang sudah di Upgrade…

01. Frame (Rangka)
my merida at nightAkhirnya frame idaman itu kebeli juga, MERIDA Matts TFS 900 warna biru, nemu di B-Bike. Kenapa milih MERIDA? hemmmm… kalo soal frame sangat personal, sulit diungkapkan…hehe.. i just like the look and price thats all…. :) . Yang jelas frame ini untuk Cross Country (XC). Test Ride pertama frame ini saya gunakan untuk gowes dari PALMERAH (Jakarta Barat) sampai CIBINONG (Bogor)!!!.
PALMERAH- CIBINONG = 40 KM ; 2,5 Jam NON STOP!
02. Crank (CR) (kayuh + Gear Depan)
my hollowtech II Crank serie Alivio saya ganti dengan Shimano XT 2008 (FC-M770) yang lebih ringan dan menguras kantong tentunya. :) .Setelah saya cek dan teliti, ternyata komponen ini menyumbang kontribusi berat yang lumayan besar untuk Group Set (Drive Train).Selain beratnya yang ringan, crank ini juga mengunakan teknologi HollowTech II yang tidak menggunakan Bottom Bracket (BB) sehingga bila diamati bagian porosnya bolong seperti permen polo.
03. Shifter
finger play Shifter (pemindah kecepatan) yang berada di bagian steme (stang) juga saya ganti dengan Shimano XT 2008 (SL-M770 – 2 Way release) . pergantian ini lebih pada shifter yang lama tidak bisa menangani 27 speed, yang lama hanya bisa untuk 24 speed. kaget juga dengan harga komponen kecil ini.
04. Rear Derailur (RD)
Komponen yang bertugas melanjutkan perintah shifter untuk memidahkan tingkat kecepatan pada Cassette (gear belakang) ini juga saya ganti (harus). RD untuk 8 speed yang lama saya ganti dengan RD Shimano XT 2008 (RD-M771-GS) yang sesuai dengan Cassette 9 speed yang saya inginkan. RD Shimano Xt 2008 memiliki beberapa tipe, ada yang standart seperti gambar dan juga ada yang memiliki tuas/tangkai yang pendek agar tidak mudah tekena benturan, tipenya disebut “Shadow”. Tipe “Shadow” lebih mahal beberapa puluh/ ratus ribu rupiah.
03. Front Derailur (FD)
Masih Menggunakan Tipe Shimano Deore (tidak uprade). Lebih pada Komponen ini masih bisa digunakan pada Crank dan Frame yang baru.
05. Cassette (CS) (Gear belakang)
cassetteHal pertama yang ingin saya ganti adalah komponen ini (cassette). Saya lebih menyukai medan tanjakan dan cross country, sehingga kebutuhan akan variasi kecepatan yang lebih banyak menjadi tuntutan tersendiri. Delapan (8) Kecepatan sangat berbeda dengan Sembilan (9) kecepatan. Cassette serie alivio akhirnya saya ganti dengan Cassette Shimano XT 2008 (CS-M770).
06.Cleat Pedal
Komponen yang satu ini tidak memikat semua pengguna sepeda gunung. Penggunaanya pun butuh penyesuaian tersendiri. Bagi pemula, seringkali komponen ini membuat pengendaranya terjatuh dari sepeda yang baru berhenti karena lupa melakukan tindakan pelepasan kait. Alat ini berguna agar cengkraman telapak kaki tidak mudah terlepas dari pedal . Tujuannya agar kayuhan menjadi lebih efisien karena ada “kait” antara pedal dan sepatu (sangat berguna untuk medan tanjakan). Selain Pedal khusus juga dibutuhkan sepatu khusus.
07. Chain (CH)
Rantai untuk 9 speed ternyata berbeda untuk 8 speed (alivio,altus). Akhirnya Rantai diganti ke tipe Shimano CN-HG93. Menurut spesifikasi teknisnya ,tipe rantai ini direkomendasi untuk groupset XT. Hati-hati dalam menyambung rantai ini, gunakan pin berwarna hitam sebagai titik sambungnya. Bila asal menyambung/potong tanpa menggunakan pin hitam, rantai akan mudah lepas.
08. Rim(s)
A.k.a velg , pelek (betawi). Menggunakan www.alexrims.com tipe SX 44, karena sepeda akan digunakan untuk AM (tidak hanya XC) jadinya pilih yang agak lebar dikit (dibanding tipe EN 24 atau XD Light). Rim ini khusus untuk disc-brake saja. Penampilannya juga lumayan. Kalo lihat-lihat di toko, pilihan warnanya ada hitam, putih dan merah. Pengennya sih pake tipe XD Light tapi udah keburu nafsu ganti wheelset.
09. Spoke (Jari-Jari)
Menggunakan jari-jari dari bahan dasar alumunium, walaupun agak mahal tapi lebih ringan. Perbedaan harga dengan jari-jari biasa bisa mencapai seratus ribu rupiah. Sebisa mungkin saya menggunakan komponen yang ringan dan menurut saya seratus ribu tidaklah terlalu mahal. :)
10. Front Hub dan Rear Hub (FH + RH)
Hub adalah komponen sepeda yang berada ditengah ban dan berfungsi sebagai poros (as). Pada umumnya hub ini terbagi menjadi 2 sistem , yaitu Ball Bearing dan Sealed Bearing. Awalnya saya menggunakan hub Ball Bearing (Shimano Series – VIAM M475), setelah itu saya ganti dengan yang menggunakan Sealed. Alasan utamanya, ternyata sistem Sealed Bearing membuat putara hub menjadi lebih Reliable dan Smooth. Pilihan jatuh Sealed Bearing merk Novatec,
Gosh! what an expensive little component…
11.Seat Post
Terpaksa harus ganti ke seatpost Kalloy untuk disesuaikan dengak ukuran frame baru. Frame Merida Matts TFS 900 menggunakan diameter 31 an mm. Karena Seatpost baru ini lumayan berat, rencananya akan saya potong. Maunya sih Seatpist Thomson yang keren dan ringan itu… tapi harganya ituloh… :-p
Yang akan di upgrade…
01. Brake (BR)
hayer rotorMasih menggunakan disc brake mekanik shimano non series. Rencananya akan upgrade ke Hidrolik yang tidak bikin pegel..
Hayes 9 XC sepertinya boleh juga tuh.. :)
Update 12 Mei 2008:
Menggunakan Brake hidrolik Hayes 9 XC dengan rotor 8 inchi (maunya pake versi stroker, tapi belum masuk indonesia.. hehe). tapi kemahalan J. Baru saja di tes di depan rumah, pakem banget J. Fitur desain flip-flop memungkinkan penempatan tuas rem yang lebih fleksible, rem depan atau belakang bisa ditempatkan di tangan kiri atau kanan (nggak masalah). Great..!!!
02. Fork (Suspensi depan)
Fork Fox 32 F Series R masih menggunakan RST GILA T7, buset deh fork ini keras banget. :) Rencananya kan diupgrade menggunkan fork menggunakan Udara(Air) yang bobotnya jauh lebih ringan dari tipe Cair (fluid).
Upgrade Kedua item tersebut Nunggu duitnya dulu…hahahaha… , nabung satu tahun lagi kali ye…
Update 31 Desember 2008:
Setelah menunggu satu tahun, akhirnya fork depan menggunakan FOX 32 R (comotan dari giant trance).
Setelah itu harusnya sih SELESAI!!!!!
Pesan Moral: Kalo ingin serius….
gunakan 27 speed (9 x 3) , rem cakram hidrolik , Fork yang ringan dan biar nggak cepat bosan gunakan Frame yang keren (ori atau generik) ! hehe….

 

 

 

Jalur Sepeda

Jalur sepeda berikut ini dibuat dengan menggunakan bantuan Global Positioning System (GPS). Data yang didapat kemudian “diolah” kembali agar dapat ditampilkan pada layanan peta seperti Google Maps dan dapat diakses oleh public.
Bila ingin menggunakan “petunjuk arah” ini dapat dilakukan dengan mengunduh file trek yang dimaksud. Tersedia dalam beberapa pilihan format (GPX, GTM,KML,PLT,WPT), untuk dapat menggunakannya dapat dengan melakukan overlay dengan layanan peta, aplikasi sistem informasi geografis atau  ‘suntik’kan kembali ke GPS dengan menggunakan aplikasi seperti GPS Trackmaker.
TELAGA WARNA
KOMPAS GRAMEDIA CYCLIST (KGC) jalan-jalan ke telaga warna (Puncak – Hutan Pinus – Gadog). Tanggal 11 Agustus 2007. Puncak, Bogor, Jawa Barat (West Java), Indonesia. Jalur ini dimulai dari seberang rumah makan Rindu Alam (Puncak Pas) dan berakhir di Rumah Makan Padang Sederhana (Gadog)
Download Trek GPS - Telaga Warna (672)
BUKIT PELANGI
SOLO(sendiri) jalan-jalan ke Bukit Pelangi (Cibinong – Sentul – Bukit Pelangi – Gadog – Bogor – Cibiniong), capek euyy… Tanggal.. lupa…Bogor, Jawa Barat (West Java), Indonesi. Jalur ini adalah jalur aspal yang melewati lapangan golf, situ dan dua punggung bukit.
Download Trek GPS - Bukit Pelangi (355)
HAMBALANG
Seringnya SOLO (sendiri). Bila tidak bersama teman-teman KGC atau istri, biasanya saya bersepeda di jalur ini. Berangkat jam 6:00 s/d 10:00. Jalur dimulai dari sirkut sentul – pom bensin – desa hambalang – rumah kosong – golf – sirkuit sentul
Download Trek GPS - Hambalang (331)
RINDU ALAM
Jalur ini dimulai dari sekitar Puncak Pas (Rindu Alam) dan berakhir di Gadog (rumah makan padang). Sangat ramai pada hari sabtu dan minggu karena karakteristik jalurnya yang menurun, merupakan surga bagi sepeda Full Suspension.
BODOGOL
Dimulai dari pintu masuk Resort Lido di Sukabumi – Jawa Barat. Memiliki karakteristik 50 persen tanjakan landai dan 50 persen turunan. Bila cuaca cerah, sangat ideal untuk hunting foto dan rekreasi. Jangan lupa membawa bekal, karena biasanya persediaan warung makan yang berada di bagian atas sudah dibooking oleh rombingan camping.
Download Trek GPS - Bodogol (323)
PONDOK PEMBURU – GUNUNG PANCAR
Jalur Offroad bisa dimulai dari Bojongkoneng, tepatnya dari pertigaan yang akan ke arah Taman Budaya , Sentul. Sangat cocok bagi penggila tanjakan dan penikmat keindahan kontur tebing.
Download Trek GPS - Pondok Pemburu - Nyasar di 6'36 South dan 106'55 East (286) (setengah nyasar)
TANKUBAN PERAHU – CIKOLE , BANDUNG
Setelah Lembang, rencananya kita akan melewati Boscha dengan sedikit menanjak. Begitu janji si Road Captain (a.k.a Agus Sur), tapi apa daya rombongan yang besar membuat kami salah jalan dan akhirnya tidak melewati Boscha. Harusnya meniru track dari Budi Prakoso. Rombangan akhirnya melewati jalur aspal rusak sampai ke Kota Bandung, dan tentunya tanpa menemui tanjakan.
Download Trek GPS - Tangkuban Perahu - Cikole - Bandung (129) (setengah nyasar)
CIANTEN
cianten, get ready for extreme downhill. Jalur offroad yang dimulai dari PLTA Karacak, Jawa Barat sebagi titik awal berkumpul, naik angkutan, menanjak sejauh 20 km menuju titik start di kebun teh. Trek offroad yang sangat menyenangkan, melebihi Rindu Alam menurut sebagian besar goweser. Memiliki jalur offroad yang sangat lengkap, terawat baik dan seratus persen gowesable. Pemandangan indah ditemukan di setiap bagian trek ini. Mayoritas turunan disertai sedikit tanjakan pada tiap bagian trek. Penemu dan maintainer trek oleh Sawangan Cycling Club (SaCyc).
Download Trek GPS - Cianten (241)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar